Saat liburan adalah saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, rekan kerja, dan juga orang-orang terdekat, tentu saja saat berlibur tidak ingin hanya buang-buang waktu saja atau hanya akan menyesal kemudian setelah selesai melakukan perjalanan disuatu tempat atau di beberapa tempat karena telah menggunakan banyak waktu, menguras tenaga dan menghabiskan banyak uang sementara yang kamu dapatkan biasa-biasa saja bahakan kamu sudah pernah merasakannya sebelumnya, akhirnya kekecewaan pun menghampiri dan sangat menyesal.

          Untuk itu saya akan bagikan informasi-infoemasi mengenai destinasi wisata andalannya kota Malang, baca sampai habis artikel ini agar kamu bisa menentukan kamu kemana aja saat liburan.

◾ Eco Green Park

Taman Eco Green Park merupakan salah satu taman terbaik di kota Malang yang bisa pengunjung rasakan kesejukan lingkungannya serta merupakan taman ekosistem terbesar di Indonesia. Eco green park juga merupakan salah satu tempat yang sangat cocok untuk belajar mengenal berbagai hal, misalnya seperti burung-burung, jenis serangga dari berbagai Negara.

          Dalam objek wisata ini terdapat beberapa zona yang akan pengunjung temui ketika sudah memasuki wilayah Eco Green Park ini seperti zona Insectarius, Music Palaza, Walking bird dan masih banyak  lagi zona-zoan selain yang sudah saya sebut diatas, selain itu ketika memasuki area ini, pengunjung akan disambut dengan sebuah patung gajah raksasa yang terbuat dari bahan-nahan elektronik yang berdiri dipintu masuk Eco Green Park.

          Mengunjungi Eco green Park ini akan menjumpai hal-hal yang uni yang mungkin belum dijumpai sebelumnya, seperti Rumah terbalik. Rumah terbalik ini merupakan salah satu wahana yang telah tersedia dalam objek ini, wahana ini disebut sebagai rumah terbalik karena konsepnya memang terbalik dimana atapnya menghadap atau berada dibawah tanah sementara lantainya menghadap langit dan begitu juga dengan perabot-perabot yang ada didalamnya serba terbalik, dan wahana ini bisa dimasuki oleh pengunjung tanpa mengeluarkan biaya.

Jatim Park 3

Berlibur bersama keluarga tidak hanya sekedar menikmati indahnya alam saja namun juga belajar tentang alam baik dalam maupun luar Negeri, belajar mengenai hewan, belajar mengenai dunia musik dan lain sebagainya adalah suatu perjalanan yang penuh dengan sejuta manfaat.

Kota Malang menawarkan beberapa wahana atau objek yang sangat cocok untuk kapanpun dan untuk siapapu, salah satunya yaitu Jatim Park III atau dengan  kepanjangan Jawa Timur Park 3. Objek ini merupakan salah satu oobjek wisata yang lengkap karena memiliki banyak wahana yang bisa dinikmati akan indahnya oleh pengunjung dan juga merupakan objek yang memiliki wahana-wahana untuk belajar. Jatim Park 3 memiliki banyak wahana seperti Dino Park, Galeri Musik Dunia, House of Zombie, dan masih banyak lagi wahana-wahana yang membuat para pengunjung akan puas dengan objek ini.

          Destinasi Jatim Park 3 ini identik sangat identi dengan destinasi Pendidikan atau Education Destination karena wahana-wahana yang terdapat dalam objek ini sangat berguna sekali bagi para pengunjung terlebih anak-naka yang masih sekolah.

          Ingin berfoto di Korea atau Jepang agar terlihat mewah seakan sedang berada diluar Negeri? Tidak perlu jauh-jauh ke Korea atau Jepang lalu menghabisakan puluhan juta uang , Jatim park menyediakan Zona Korea dan jepang dimana di Zona ini memiliki bangunan-bangunan seperti di korea atau Jepang sehingga ketika pengungjung berada disini seakan sedang berada diluar Negeri dan mengabadikan beberapa foto,

Berikut ini adalah wahana-wahana yang terdapat didalam Jatim Park 3 :

  • Dino Park
  • Infinite World
  • The Legend Star
  • Museum Musik Dunia
  • Fun Tech Plaza
  • Zona Korea
  • Zona Jepang
  • House of Zombie
  • XD
  • 6D Cinema
  • Ice Age
  • Jembatan akar
  • Jurassic Action

Untuk memasuki objek ini memang tidak gratis dan juga bisa dikatakan biayanya sedikit lebih mahal dari Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 karena Jatim Park 3 ini merupakan Objek terlengkap akan wahana-wahana dan juga fasilitasnya. Berikut adalah daftar biaya masuk Jatim Park 3 :

Jam buka           : 11.00 WIB

Jam tutup          : 21.00 WIB

Biaya masuk      Terusan          : Rp. 150.000

                          Non Terusan  : Rp. 120.000

Selain biaya diatas, masih ada lagi biaya-biaya lainnya apabila pengunjung menikmati wahana-wahana yang berbayar di Jatim Park 3 seperti Galeri musik dunia dihari biasa Rp. 37.500 dan akhir pekan Rp. 50.000, tiket Dino park dihari biasa Rp. 75.000 dan akhir pekan Rp. 100.000, tiket the Legend star dihari biasa Rp. 75.000 dan akhir pekan Rp. 100.000, tiket terusan legend circus magic Rp. 110. 000, tiket terusan dino zircus magic Rp. 110.000, tiket terusan dino miracle Rp. 120.000, tiket terusan Legend star & Museum musik dunia Rp. 120.000, Tiket terusan Dino legend Rp. 170.000, tiket terusan dino museum musik dunia Rp. 120.000, tiket terusan Legend funtech Rp. 120.000, tiket terusan Dino miracle Rp. 120.000, tiket terusan Dino Funtech Rp. 120.000.

Kampung Warna Warni

Keunikan kota Malang hampir tak ada habisnya untuk dibahas, begitu banyak hal-hal menarik yang bisa dilihat dan dinikmati ketika berkunjung disini, ke kreaktifan masyrakat kota Malang membuat kota ini semakin berkembang dibidang Pariwisata, ide-ide yang dimunculkan setiap orang untuk membangun daerah ini bisa dikatakan adalah ide-ide yang sangat spektakuler, terlihat dari bangunan-banguna dan objek wisata yang dibangun dan dikembangkan sangat dinikmati oleh para pengunjung.

          Kampung warna –warni atau sering dijuluki dengan nama Kampung Tridi merupakan salah satu objek wisata terunik yang ada dikota Malang, objek ini berada di Kampung Jodipan yang letaknya berada di tepi sungai Berantas.Objek ini disebut sebagai kampung warna-warni karena perumahannya yang di cat dengan berbagai warna masing-masing rumah sehingga tampak unik. Kampung warna-warni ini digagas oleh delapan mahasiswa jurusan Komunitas dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang diketuai oleh Nabila Fidausiyah. Penggagasan ini berawal dari tugas praktikum Public Relations 2.

          Kampung warna-warni yang digagas oleh mahasiswa tersebut pun mendapat respon positif dari masyarakat dan juga walikota Malang sehingga kampung ini diresmikan sebagai salah satu objek wisata pada tanggal 4 September 2016 oleh Walikota Malang yang oleh Forkopimda Kota Malang dan  dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Malang dan Sekretaris Daerah Kota Malang. Kampung wisata ini berada di RT. 06, 07 dan RW 09, 02 kelurahan Jodipan – Kota Malang.

◾ Masjid Tiban Malang

Saat liburan seperti hari raya, tahun baru atau dapat jatah liburan dari kantor tempat bekerja pasti ingin sekali menghabiskan waktu ditempat-tempat yang terpopuler sehingga yang melakukan liburan atau perjalanan pun ikut terpopuler, namun salah memilih tempat hanya akan buang-buang waktu dan uang saja.

Berlibur dipulau jawa layaknya sedang berlibur diluar Negeri karena objek-objek yang ada di Malang berkelas Internasional, Misalnya Jatim Park I, II dan III berlibur ke Objek tersebut berarti anda telah berlibur keluar Negeri dengan biaya yang cukup murah.

Salah satu objek wisata yang bisa dikatakan objek ajaib yaitu Masjid tiban, dikatakan masjid tiban karena latar belakang kemunculan masjid tersebut yang  membuat orang takjub akan kejadian itu.

Kononnya masjid ini dibangun hanya butuh waktu satu malam saja dengan bangunan yang sangat megah dan terbuat dari bahan-bahan mewah, masyarakat setempat meyakini bahwa masjid ini dibuat oleh Jin. Mengapa tidak diyakini seperti demikian, karena pembangunan masjid ini yang membutuhkan waktu sangat amat singkat sekali, dan juga pada saat pembanguna masjid ini tak ada satupun warga sekitar yang mengetahuinya akalau ada pembangunan masjid didaerah ini ditambah lagi ketidak adanya alat-alat yang digunakan untuk membangun sebuah bangunan layak yang digunakan pada umumnya saat tukang bangunan bekerja, membuat sebuah meja saja pasti membutuhkan waktu yang sedikit lama dan juga ketika membuat rumah pasti membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, namun bangunan masjid ini yang cukup besar, tinggi dan megah dengan bahan yang sangat mewah hanya mebutuhkan waktu 1 malam saja, mengherankan bukan?

            Perhatikan saja gambar diatas, dengan melihat gambar tersebut pasti sudah terbayang betapa mewahnya bangunan ini, belum lagi ketika masuk didalam masjidnya, pasti lebih mewah lagi.

          Namun masjid tiban ini adalah bagian dari bangunan pondok pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Bangunan tersebut mulai dibangun sejak tahun 1978 oleh Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa dengan sebutan Romo Kiai ahmad. Uniknya bangunan ini yaitu menggunakan desain bangunan dari Timur Tengah, Cina dan Eropa.

          Bangunan masjid tiban inipun memiliki 10 lantai dan juga lantai tersebut memiliki fungsi masing-masing. Dari lantai satu sampai dengan lantai emapt digunakan sebagai tempat kegiatan para pesantri, sementara untuk lantai lima, tujuh dan lantai delapan digunakan sebagai kios untuk penjualan berbagai makanan ringan, souvenier dan lain-lain, lantai enamnya adalah lantai untuk keluarga. Ketika sampai di lantai sembilan dan sepuluh sangat cocok untuk menikmati pemandangan sekitar Masjid Tiban tersebut.

Bukit Nirwana

Malang yang penuh dengan ke indahan, kesejukan dan keramahan lingkungannya mampu membuat para wisatawan selalu rindu untuk mengunjungi malang kembali, dengan berbagai jenis wisata yang ada di Malang muali dari wisata alam, religi hingga kewisata Malam pun ada di Malang. Pengunjung kota Malang pun bukan hanya lokal atau orang dalam Negeri saja melainkan dari luar Negeripun tidak memperhitungkan seberapa besar pengeluaran saat berkunjung ke Kota Malang untuk berlibur.

Buat kamu yang kepengen berkunjung ke Malang atau ingin menghabiskan waktu libur ke Malang, saya merekomendasikan Objek wisata yang satu ini yaitu Objek wisata Bukit Nirwana.

Bukit nirwana merupakan salah satu destinasi yang sangat saya rekomendasikan untuk kamu yang ingin berkunjung ke Malang, keindahan alam Bukit Nirwana yang memiliki pemandangan yang eksotis da kesejukan alamnya sangat cocok buat kamu yang suka berfoto ditempat-tempat keren, dan juga lokasinya yang jauh dari kota membuat kamu akan sangat nyaman dan cocok untuk menenangkan diri setelah banyak beban pikiranakan pekerjaan dan kehidupan.

Bukit Nirwana ini sendiri terletak di kawasan gunung Amping-amping, Dusun Tulungrejo, Desan Pujon Kidul, Kabupaten Malang. Jika kamu berkeinginan untuk berkunjung kesini kamu akan menempuh perjalanan sekitar 29 kilometer dari pusat kota Malang atausekitar 1,5 jam perjalanan saja.

Perjalanan menuju bukit Nirwana sendiri sangat mudah ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, disepanjang perjalanan sebelum sampai ke Bukit Nirwana kamu akan disambut dengan pemandangan-pemandangan yang sangat indah yang tentu saja mewarnai perjalananmu sehingga kamu akan sudah tidak sabar lagi untuk sampai ke Bukit Nirwana.

Untuk Biaya masuk objek ini pun masih belum ada atau bisa dikatakan Gratis, jadi semakin lengkap alasan kenapa Bukit Nirwana ini sangat direkomendasikan buat kamu yang suka menikmati alam bebas, hanya saja saat kamu tiba di Objek ini kamu haru membayar uang Parkir kendaraan sebesar Rp. 5.000 rupiah  saja.

Nahhh itu dia destinasi-destinasi wisata yang menjadi Surganya Malang selain Wisata yang sudah terpopuler selama ini, semoga Artiket ini membantu saat kamu ingin melakukan perjalanan ke Kota Malang, terimakasih..