Pulau jawa merupakan pulau yang sangat kaya akan wisata alam, mulai dari pantainya hingga pegununganya. Kota Malang adalah salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata, terutama wisata alam. Bagi para Pencinta alam atau yang suka mendaki gunung, tempat yang tepat adalah kota Malang.

            Dalam artikel ini saya akan begikan destinasi-destinas wisata alam yang ada di kota Malang mulai dari air terjun, rafting, hingga pegunungan.

Gunung Semeru

            Gunung semeru merupakan gunung yang sangat dinginkan oleh setiap orang, keindahannya setelah berada diatas puncak mahameru takkan bisa dilukiskan dengan apapun. Namun untuk bisa sampai di puncaknya mahameru bukanlah hal yang mudah, menuju puncak mahameru membutuhkan waktu yang cuku lama sampai berhari-hari dan juga stamina yang sangat cukup, persiapan yang cukup dan mental yang baja. Tantangan yang akan dihadapi ketika memutuskan untuk mendaki gunung mahameru bukanlah tantangan ringan, suhunya yang sangat dingin membuat para pendaki yang kurang kuat akan menyerah pada saat berada dibawah kaki gunung, belum lagi ketika sudah berada dipertengahan gunung, terkadang bebatuang terguling kebawah.

Salah satu wisata alam yang ada dikota sekitar kota Malang adalah Gunung Semeru, gunung ini merupakan tertinggi di pulau jawa sekalian sebagai gunung tertinggi ke delapan di Indonesia dengan ketinggian 3.676 meter diatas permukaan laut dengan puncak Mahameru.

            Mendaki gunung semeru memang merupakan suatu keputusan yang tepat, disana bukan hanya ketika berda dipuncak Mahameru saja pendaki mendapat nikmatnya Gunung Semeru tetapi juga ketika berdan diare Ranu kumbolo, airnya yang sangat jernih dan pemandangan yang indah membuat kamu semakin semangat untuk menuju Mahameru atau membuat lelahmu akan hilang setelah mendaki Gunung Semeru. Di Ranu Kumbolo kamu dapat mendirikan tenda untuk istrahat sebelum melanjutkan pendakian selanjutnya. Karna setelah melewati Ranu Kumbolo , kamu akan menghadapi tantangan yang bisa dikatakan sangat berat.

            Gunung semeru sendiri terletak diantara dua kabupaten di Jawa Timur yait Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Gunung mahameru tidak jauh letaknya dari Gunung Bromo yang ada di kota Malang. Pada saat mendaki gunung Semeru ini dsarankan agar tidak menuju Kawah Jonggring Saloko dan dilarang mendaki dari sisi sebelah selatan karena adanya gas beracun yang dapat membahayakan para pendaki Gunung Semeru.

Kaliwatu Rafting

Kegiatan rafting atau arung jeram merupakan salah satu bentuk wisata petualangan dan juga olahraga yang tentunya membutuhkan mental dan keberanian seseorang atau beberapa orang (group). Di daerah kota Malang terdapat banyak tempat-tempat yang sangat bagus untuk melakukan rafting ini, salah satunya adalah Kaliwatu Rafting. Kaliwatu merupakan nama dari sungai dimana dilakukan kegiatan rafting, kaiwatu rafting ini merupakan tempat yang sangat terpopuler dikota malang sebagai tempat untuk melakukan Arung Jeram.

            Kaliwatu rafting ini terletak di Jalan raya Pandan rejo kota batu, berjarak sekitar 45 menit dari kota Malang. Untuk melakukan kegiatan ini tetunya tidak hanya satu orang saja melainkan kegiatan ini dilakukan dalam group, dalam kegiatan ini akan menguji serta mengajari  para peserta dalam satu boat tentang bagaimana cara bekerjasama yang baik dan juga menguju mental masing-masing tentang sejauhmanakah peserta mampu menghadapi tantangan.

            Untuk bisa mengikuti kegiatan ini, tentunya tidak gratis. Masing-masing peserta diwajbkan membayar uang dengan jumlah yang sudah di tentukan. Berikut adalah daftar harga untuk mengikuti Kaliwatu Rafting :

  • Rafting Batu Malang           : Mulai dari Rp. 195.000/orang
  • Donnut Boat                         : Mulai dari Rp. 165.000/orang
  • Paintball Batu Malang        : Mulai dari Rp. 130.000/orang
  • Outbound Batu Malang     : Mulai dari Rp. 150.000/orang
  • Rafting Pujon                        : Mulai dari Rp. 180.000/orang

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Berbicara tentang air terjun yang ada dikota Malang memang sudah tidak ragukan lagi, banyaknya jumlah air terjun yang ada dimalang membuat para pengunjung sedikit bingung menentukan tempat yang haru dikunjungi dikarenakan semua air terjun di Malang berpotensi sangat bagus.

Air terjun sumber pitu tumpang merupakan  salah satu air terjun yang ada di kota Malang, air terjun ini berada di Desa Duwetkraja, kecamatan Tumpang – Malang. Uniknya tempat ini adalah airnya yang mengalir langsung dari tanah menyembur dari tebing sehingga menghasilkan air terjun yang sangat banyak dengan jarak yang berdekatan antar satu sama lain.

            Air terjun sumber ppitu tumbang ini banyak orang beranggapan bahwa airnya mengalir dari bawah tanah langsung, sementara masyarakat setempat meyakini bahwa air tejun ini masih ada hubungan dengan gunung Bromo. Air terjun ini sering juga digunakan sebagao tempat ritual oleh masyarakat setempat.

            Jika kamu berniat untuk mengunjungi tempat ini, sangat disarankan untuk membawa makanan atau bekal dari rumah karena ditempat ini masih belum ada rumah makan atau bisa disebut alam bebas. Untukk biaya masuk ke objek ini pun tanpa biaya atau gratis.

Kebun Teh Wonosari

Berwisata kekota Malang akan sangat mudah untuk menemukan destinasi wisata yang sesuai dengan waktu dan keinginan para pengunjung, bagaiaman tida, semua jenis wisata yang dibutuhkan oleh para travelers ada di kota Malang, mulai dari wisata alam, bahari, kuliner, sampai wisata budaya.

Agrowisata dikota Malang dikenal dengan buah Apel yang di produksi di kota ini. Namun selain kebun apel, ada juga Kebun Teh Wonosari sebagai Agrowisata yang terletak dikaki gunung Arjuno atau lebih tepatnya di Toyomarto, Lawang – Jawa Timur. kalau bangunan-bangunan besar mempunyai sejarah atau latar belakang, kebuh teh ini juga memiliki sejarah berdirinya, kebun ini bediri pada jama kolonial Belanda ditahun 1910. Kebun teh wonosari ini merupakan kebun teh pertama yang ada di Jawa Timur yang berada dibawah naungan NV. Cultur Maathappy. Sejarahnya masih banyak lagi, kalau mau tau semuanya, disarankan untuk mengunjungi lokasi kebun teh wonosari langsung.

            Kebun teh wonosari tidak hanya memperlihatkan pepohonan teh saja kepada para pengunjung, kebun ini juga memiliki pemandangan indang yang tidak kalah saing dengan Puncak yang ada dikota Bogor, hanya saja puncak di Bogor lebih terpopuler ditelingan Masyarakat.

Pantai Ngliyep

Pantai tiga warna, pantai balekambanga dan pantai goa cina adalah pantai yang sangat populer dikota malang, namun masih ada lagi pantai yang juga sangat cocok untuk menghabiskan waktu berlibur di kota Malang yaitu Pantai Ngliyep. Pantai ini teletak di desa Kedungsalam kecamatan Donomulyo atau sekitar 62 km dari arah selatan kota Malang.

            Untuk bisa menuju lokasi ini kamu bisa memulai perjalanan dari kota Malang menuju Kepanjen, lalu melanjutkan perjalanan munuju Pagak hingga ke  Donomulyo dan tidak jauh dari Donomulyo lokasi pantai Ngliyep berada. Ketika berkunjung  kepantai ini tidak perlu khawatir akan makanan, minuman, dan penginapan karena didaerah pantai ini terdapat beberapa rumah makan yang menyediakan makanan lezat khas laut (seafood), mushola, parkiran kendaraan dan juga penginapan. Jika kamu ingin menginap ditempat objek ini, kamu cukup membayar uang penginapan mulai dari 50.000 hingga 100.000 permalam. Sementara untuk harga tiket masuknya kamu cukup membayar uang sebesar Rp. 15.000 dan uang parkir sebesar Rp. 5.000.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai yang ada di kota Malang yang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa SrigoncoKecamatan BanturKabupaten Malang / Jawa Timur dan meupakan salah satu pantai tertua yang ada di Malang serta pantai andalah daerah Malang, lingkunganya yang sangat bersih, terhindar dari kotoran atau sampah sehingga pasirnya sangat nyamna untuk dijadikan sebagai tempat untuk beraktivitas seperti bermain bersama keluarga dan juga sebagai tempat untuk olah raga seperti altihan sepak bola,  jogging dan lain sebagainya.

            Gelombang ombak laut pantai Balekambang membuatnya semakin menarik perhatian banyak orang sehingga tempat ini sangat jarang sepi, ditambah lagi pantai ini memiliki julukan Tanah Lotnya Jawa, yaaaa tentu saja dia dijuluki seperti demikian karena ditengan lautan terdapat sebuah pulau yang dibangun beberapa banguna yang mirip dengan bangunan yang ada di Tanah Lot Bali. Selain umat Islam dan  umat Hindu pun menjadikan pantai ini sebagai tempat Ibadah utama setiap setahun sekali, tepatnya pada hari raya Nyepi, lokasinya dipura Amarta Jati yang berada dipulau Ismoyo.

            Untuk memasuki objek ini tentunya tidaklah gratis atau kamu harus membayar sejumlah uang mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 per orang, tergantung harinya. Sementara jika kamu ingin menikmati penginapan yang ada di objek ini, kamu harus membayar uang sewanya mulai dari Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000 per malam. Sarana dan prasarana yang kamu butuhkan selama kamu berada di pantai ini sudah disediakan oleh mayarakan setempat, mulai dari Toilet, rumah makan, Mushola / masjid, penginapan, hingga Parkiran kendaan.

Nahhhh itu dia beberapa destinas wisata alam yang ada di Malang, semoga artikel ini membantu kamu saat berlibur ke kota Malang yaaa, Salam Traveler……….!!!